HIJAB SYAR’I vs HIJAB TRENDI

7 Manfaat Luar Biasa Berhijab
25/09/2014
Metode Pengajaran Kitab Kuning Yang Baik
25/09/2014
Show all

HIJAB SYAR’I vs HIJAB TRENDI

Hijab syar’i atau hijab trendi, kedua istilah ini sepertinya telah menjadi dilema dalam benak generasi muda kita saat ini. Saat mereka tahu bahwa mengenakan hijab Syar’i itu wajib hukumnya, pada saat yang sama mereka juga disuguhkan dengan pemandangan fashion yang membuat mereka ragu-ragu untuk berhijab syar’i. Dalam keadaan seperti ini seharusnya mereka lebih memperdalam keilmuan agama mereka, tetapi kebanyakan malah mengabaikannya. Sehingga berubahlah esensi berhijab menjadi suatu tuntutan fashion yang jauh dari kata syar’i.

Berhijab mengikuti trend fashion itu sama sekali tak membawa manfaat apa-apa untuk kita para muslimah, itu hanya akan membawa kita tenggelam dalam pujian manusia.Tetapi tidak dengan hijab Syar’i, hijab Syar’i menunjukkan ketundukan kita kepada Syariat Allah SWT. Dan itu adalah ibadah.hijab syar'i

Syar’i itu kententuan Allah SWT sedangkan trendy itu hanya anggapan manusia. Pilih mana?

Hijab syar’i atau hijab trendi, yang mana yang kalian pilih? Yang sesuai dengan ketetapan Allah SWT atau yang sesuai dengan ketetapan mode fashion zaman sekarang? Mengikuti kaum mayoritas yang salah atau mengikuti kaum minoritas yang benar? Lebih baik kepanasan di dunia atau di akhirat? Selagi ada umur, ayo syar’ikan hijabmu!

Bagaiman berhijab dan berkerudung syar’i itu?

  1. Kerudung yang panjang dan tebal (tidak tipis dan tembus pandang)

Sesuai dengan yang ada di dalam Al-Qur’an, kerudung yang syar’i itu menutupi dadamu. Tidak dililit ke atas kepalamu atau dimodifikasi agar tidak panjang. Mudah bukan? ga ribet, ga susah.

  1. Menggunakan baju gamis atau baju yang longgar dan rok

Sudah jelas dalam Al-Qur’an, kita diwajibkan untuk menggunakan baju kurung atau baju yang tidak ketat memperlihatkan bentuk tubuh kita ukhti. Dan baju yang tidak ketat itu adalah gamis atau baju yang longgar dan rok. Dari pada kalian menggunakan pakaian yang ketat dan sangat tidak nyaman dipakai.

  1. Tidak Berpunuk Unta

Punuk unta? Apa itu? Tahukah kalian?? Para muslimah zaman sekarang menampakkan rambutnya yang digelungkan saat berhijab. Itulah yang dimaksud punuk unta. Bahkan lebih mirisnya lagi, kini sudah tersedia ciput yang ada punuk untanya. Dalam Islam ini dilarang. Berikut adalah hadist yang diriwayatkan oleh Muslim :

“Ada golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: [1] Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan [2] para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian” (HR. Muslim No. 2128)

hijab-tak-berpunuk-unta

Sudah jelaskan dalam hadist tersebut. Lebih baik jika yang berambut panjang bisa dikepang atau diikat biasa. Tidak digelungkan ke atas dan terlihat seperti punuk unta.

 

 

  1. Menggunakan kaos kaki

Tahukah ukhti? Kakimu itu termasuk aurat yang harus ditutup. Jadi ketika keluar rumah atau bepergian kemanapun, jangan lupa gunakan kaos kakinya. Sudah jelaskan batas-batas aurat kita. Semuanya aurat kecuali telapak tangan dan wajah.

Mudah bukan untuk menggunakan berkerudung syar’i yang sesuai dengan ketentuan Allah SWT. Betapa Allah SWT sangat menjaga dan menyayangi diri kita.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *